Kamis, 31 Januari 2013

Panwaskab Mulai lakukan Penjaringan Calon Panwascam Pemilukada 2013

Panwaskab Mulai lakukan Penjaringan Calon Panwascam Pemilukada 2013

Lombok Utara – Sebanyak 52 peserta calon panitia Pengawas Pemilihan Umum Tingkat Kecamatan (Panwascam) Kabupaten Lombok Utara yang telah dinyatakan lolos administrasi, sejak dilakukan proses perekrutan pekan lalu.
Ketua Panitia Pengawas Kabupaten Lombok Utara, Andi Nursabandi, Rabu (30/1) mengatakan perekrutan Panwascam tersebut sesuai amanat Undang-Undang Nomor 5 tahun 2011, sebagai bagian dari alat kelengkapan penyelenggaraan Pemilukada.
Disebutkan Nursabandi, saat ini pihaknya tengah melakukan proses Fit And Profer Test terhadap keseluruhan peserta yang lulus administrasi guna memperoleh masing-masing tiga orang panwascam untuk ditugaskan di lima kecamatan yang ada.
Para peserta yang telah dinyatakan lulus uji kelayakan tersebut, akan ditetapkan sekaligus dilantik secar resmi pada awal Februari mendatang. Setelah itu akan dilakukan Bimbingan teknis mengenai sistim dan mekanisme pengawasan proses pemilukada Gubernur yang akan diselenggarakan tahun ini, ungkap Nursabandi..
Ketua Panwaskab Lombok Utara itu menambahkan, para petugas Panwascam itu nantinya akan membantu fungsi pengawasan terhadap semua tahapan pelaksanaan Pemilu (Pulbup, Pilgub dan Pileg) di tingkat Kecamatan, seperti proses pemutakhiran data, menerima laporan dugaan pelanggaran pemilu hingga ditetapkan nya pemenang pemilukada.
Disebutkan juga bahwa proses rekrutmen Panwascam di sejumlah Kabupaten dan Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) jugatelah  digelar secara serentak pada awal Januari lalu, salah satunya Lombok Timur dan Lombok Barat. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar