Sabtu, 26 Januari 2013

GITA SWARA FM

Akses Jalan Pusuk Kembali Diterjang Tanah Longsor

longsor Akses Jalan Pusuk Kembali Diterjang Tanah Longsor
Kawasan Pusuk Longsor –
Lombok Utara – Akses jalan Pusuk Pass tepatnya di kilometer 15-700 menuju Lombok Utara, Selasa siang, (22/1) sekitar pukul 13.05 Wita kembali diterjang Tanah Longsor.  Kali Ini Dianggap Terparah, Akses Jalan Ditutup Selama Dua Hari
Material longsoran tanah yang disertai bebatuan gunung berukuran besar, kali ini terbilang paling parah dibanding longsoran pertama awal bulan Januari beberapa pekan lalu, dimana kini tumpukan tanah dan bebatuan menutup seluruh badan jalan hingga setinggi 2 meter lebih.
Beruntung Longsor dijalur utama penghubung daerah Lombok Utara dengan Kodya Mataram dan Lobar itu tidak memakan korban jiwa atau menimpa pengguna jalan, hanya saja akibatnya semua jenis kendaraan yang akan menyeberang jalan dari kedua arah terputus total karena ruas jalan tertimbun longsoran tanah.
Pihak dinas perhubungan Lombok Utara bersama BPBD dan aparat kepolisian saat itu langsung menutup jalan dari kedua arah, dan mengalihkan sementara jalur transportasi dari maupun menuju Lombok Utara kearah jalur Senggigi.
Kepala Bidang Perhubungan Darat, Dishubparkominfo Lombok Utara, Ahmad Suhadi,SH., kepada media  menyebutkan, tingginya longsoran tanah dan tumpukan batu diareal jalan sekitar lokasi kejadian, akan menyulitkan proses pembersihan meski pihak dinas PU Provinsi NTB telah membantu dengan mengerahkan dua unit alat berat Eksavator Dan Loader, karena alat tersebut hanya bisa membersihkan longsoran dari satu arah.
Belum lagi hujan masih terjadi diwilayah setempat yang bisa sangat membahayakan bagi petugas. Untuk itu ditegaskan Suhadi, pihaknya bersama Dinas PU NTB akan menutup akses kedua jalur jalan Pusuk jalan selama dua hari, hingga jalur tersebut bersih dan aman untuk dilalui kendaraan, ungkap Suhadi.
Terhadap kejadian tersebut, Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Utara beserta Tim Reaksi Cepat (TRC) dan para relawan Siaga Bencana Desa langsung melakukan pengamanan sekaligus monitoring disejumlah titik rawan longsor dibantaran bukit Pusuk terhadap potensi kejadian longsor susulan. Demikian halnya dengan aparat kepolisian melakukan pengamanan terhadap lalu lintas kendaraan dijalur pengalihan, arah Pemenang-Tiga gili menuju Senggigi-Mataram. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar