Kamis, 17 Januari 2013

GITA SWARA FM:

Lombok Utara Masuk Kategori Kabupaten Tuntas PAUD Nasional




paud Lombok Utara Masuk Kategori Kabupaten Tuntas PAUD Nasional
Photo Ilustrasi
Lombok Utara – Sektor pendidikan didaerah kabupaten Lombok Utara terus menunjukan capaian prestasi positif. Berbagai langkah pembenahan dilakukan disemua jenjang pendidikan dari menengah hingga mengoptimalisasi pendirian sektor pendidikan dasar usia dini.
Tahun 2012 lalu, kabupaten pecahan Lombok Barat ini berhasil menjadi salah satu daerah yang masuk kategori kabupaten tuntas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ditingkat Nasional dan menjadi satu-satunya daerah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) telah merampungkan fasilitasi gerakan PAUD Nasional yang dicanangkan presiden SBY pada 2011 lalu.
Predikat tuntas PAUD itu diperoleh karena sebagai kabupaten yang menyandang Terbelakang, Tertinggal dan Terpinggir (3T), daerah Lombok Utara selama beberapa tahun telah mampu memfasilitasi pendirian dan membina PAUD di seluruh wilayah kecamatan dengan masing-masing satu PAUD tiap desa.
Kepala Bidang Pendidikan Luar Sekolah (PLS), Dikbudpora Lombok Utara, Muhamad Najib, S.Pd.M Pd, Jumat (11/1) menyebutkan, atas capaian itu pemerintah pusat memberikan bantuan stimulan dari APBN dan APBNP 2012  berupa dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk 3000 anak didik dengan masing-masing anak didik mendapat jatah Rp.120 Ribu.
Selain itu juga mendapat bantuan dana rintisan masing-masing sebesar Rp.35 Juta untuk sebagian besar lembaga PAUD yang ada disamping bantuan Alat Permainan Edukatif (APE) dari pemkab, ungkap Najib.
M.Najib menyatakan predikat tuntas PAUD Nasional itu menjadi motivasi pemkab Lombok Lombok Utara untuk terus meningkatkan kapasitas pendidikan anak usia dini. Saat ini pihak tetap mengoptimalisasi berdirinya PAUD baru diwilayah terpencil, bahkan ditahun 2013 pihak nya berkomitmen untuk mewujudkan adanya lembaga PAUD ditingkat Dusun.
Untuk itu pemda melalui dana APBD telah mengalokasikan bantuan dana untuk pembangunan Ruang Kelas Belajar (RKB) untuk 3 kecamatan, diantaranya Kecamatan Pemenang,kecamatan kecamatan Gangga dan Kecamatan Kayangan, dengan jatah masing-masing  satu unit RKB per PAUD.
Hal itu ditandaskan Najib dihajatkan agar anak-anak bisa memperoleh pendidikan dasaryang baik sehingga pada saat masuk SD mereka lebih siap dan mampu menadaptasi pendidikan. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar