Senin, 28 Januari 2013

Kabupaten Lombok Utara Berhasil Capai Target AKINO

  Lombok Utara – Kabupaten Lombok Utara berhasil memenuhi target program Angka Kematian Ibu Nol (AKINO) selama dua tahun terakhir. Indikator capaian tersebut dinilai dari tidak ditemukan adanya kasus kematian ibu hamil dan bayi saat proses persalinan selama rentang waktu antara tahun 2011 hingga awal tahun 2013 ini.  Selain memenuhi target AKINO, daerah otonom yang baru berusia empat tahun itu juga berhasil menekan angka Gizi kurang dan Buruk hingga dibawah Lima persen.

Berdasarkan data dinas Kesehatan setempat, pada tahun 2007-2009 jumlah kasus kematian ibu dan bayi saat persalinan relatif tinggi, yakni antara  3-8 orang ibu hamil disetiap kecamatan. Hal itu disebabkan pertolongan persalinan secara tradisional oleh dukun beranak yang kurang telaten dan tanpa alat medis, disamping minimnya pengetahuan tentang bagaimana menghadapi persalinan ditambah suami yang tidak Siaga.
Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, dr.H.Benny Nugroho.,  Sabtu (26/1) mengatakan sebagai langkah prioritas pencegahan kasus kematian ibu pada tahun 2008, pihaknya banyak melakukan perombakan sistim dan inovasi untuk mengurangi bahkan pencegahan kematian ibu dan Bayi.
Diantaranya dengan meluncurkan Gerakan Sayang Ibu yang di implementasikan dalam bentuk sosialisasi dan penyuluhan kesehatan bagi para ibu hamil,  opimalisasi peran kader kesehatan, memperbanyak fasilitas berupa Ambulance di Puskesmas dan Pustu termasuk mengintensifkan pemeriksaan kesehatan hingga Sembilan kali selama kehamilan. Bahkan juga memberi pelayanan persalinan gratis melalui program Jaminan Persalinan (Jampersal) baik kaya atapun miskin, ungkap H.Benny Nugroho.
Hal itu ditandaskan drBenny dilaksanakan secara terkoordinasi hingga secara perlahan kasus kematian ibu menjadi Nol seiring dengan terbangun nya kesadaran masyarakat tentang pencegahan kematian ibu/bayi.
Atas kesuksesan mencapai target AKINO itu membuat Pihak Pemprov NTB memberikan apresiasi tinggi dan menjadikan Lombok Utara sebagai daerah percontohan di NTB termasuk secara Nasional, Sehingga banyak daerah lain di Indonesia belajar tentang pencegahan kematian ibu didaerah itu. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar