Kamis, 31 Januari 2013

GITA SWARA FM

Kemenag Lombok Utara Belum Bisa Terima Pendaftaran Haji Siskohat

Lombok Utara – Pembukaan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) didaerah Lombok Utara awal bulan lalu, mulai dirasakan manfaatnya terutama untuk urusan pelayanan dibidang keagamaan seperti pencatatan dan administrasi perkawinan, pembinaan lembaga Pondok Pesantren dan sekolah swasta hingga fasilitasi pendaftaran haji yang sebelumnya dilakukan masyarakat di Lombok Barat.
Masyarakat Lombok Utara, kini dengan mudah bisa mendaftar untuk menunaikan ibadah Haji di Kemenag setempat. Hanya saja adanya regulasi tentang pendaftaran Haji melalui Sistim komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang diterapkan pemerintah, belum dapat dilakukan oleh kemenag  Lombok Utara.
Pelaksana Tugas Kepala Kemenag Lombok Utara, Drs.HM.Amin, kepada media, Rabu (30/1) menyebutkan, kebijakan pendaftaran haji dengan Siskohat dilaksanakan melalui sistim komputerisasi Onlineyang tersambung secara nasional.
Akan tetapi Ia mengatakan pihaknya belum mampu mengakomodir pendaftaran dengan Siskohat, karena belum memiliki perangkat komputerisasi pendaftaran yang  terhubung langsung dengan database Kementerian Agama pusat.
Untuk itu bagi masyarakat yang berkeinginan untuk merebut kuota haji dengan cepat, warga dihimbau dan diarahkan untuk sementara mendaftar dikantor Kementerian Agama Lombok Barat, disamping dengan Siskohat tersebut Calon Jemaah Haji juga tidak Bisa diwakilkan, jelas M.Amin.
Namun demikian ditandaskan M.Amin, jika pemda Lombok Utara bersedia membantu meminjamkan perangkat pendukung Siskohat tersebut pada Kanwil Kemenag Provinsi NTB atau Lobar, maka pihak langsung bisa menerima pendaftaran Haji melalui Siskohat.
Kepala Kantor Kemenag, M.Amin menambahkan, jumlah jemaah haji asal Lombok Utara terbilang cukup besar dan terus meningkat setiap tahun.
Oleh karena itu diawal pembukaan pelayanan kantor Kemenag, pihak akan berupaya untuk segera membangun Kantor yang referesentatif dan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung pendaftaran Haji secara Online, sehingga pada tahun depan mampu secara penuh melayani pendaftaran jemaah haji melalui Siskohat.(ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar