Kamis, 07 Februari 2013

GITA SWARA FM:


Lombok

Sebuah pulau dengan panorama indah di provinsi Nusa Tenggara Barat, Lombok memiliki banyak hal untuk pencinta matahari, peselancar, dan petualang alam. Pantai Senggigi yang cantik di ibukota Mataram bisa menjadi awal perjalanan. Dengan pantai pasir putih dan suasana tenang yang dikelilingi akomodasi terjangkau merupakan sebuah keistimewaan untuk mereka yang jenuh dengan kota-kota pantai yang riuh. Tujuan berikutnya adalah tiga pulau (atau Gili dalam bahasa Sasak) di seberang Mataram- Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air, yang terkenal dengan pasir pantai putih, pesta pantai, penginapan-penginapan bersahaja, serta keindahan dan olahraga laut.
Mendaki Gunung Rinjani juga merupakan kegiatan olahraga lain yang dapat dilakukan, dengan pemandangan indah ke seluruh penjuru pulau menanti para pendaki di puncak gunung. Untuk mereka yang mengincar tempat selancar terbaik yang diakui secara internasional, Lombok memiliki beberapa titik yang terkenal seperti di Pantai Bangko-Bangko dan Pantai Gerupuk, Pantai Kuta, dan Pantai Senggigi. Komunitas asli Lombok yaitu Sasak memiliki keterampilan tenun ikat dan gerabah yang terkenal. Pariwisata merupakan sumber pendapatan yang signifikan bagi provinsi NTB, yang terus berusaha meningkatkan sumberdaya pendapatan bagi kehidupan masyarakatnya.
Lombok memiliki sejarah peperangan dengan penguasa Bali, kemudian takluk sebagai bagian dari Kerajaan Majapahit sekitar abad 14, dan kedatangan Pangeran Prapen (atau Sunan Giri IV dari Gresik, Jawa Timur) yang menandai awal penyebaran Islam sekitar abad 16-17 di sana. Latar belakang ini memberikan Lombok perpaduan budaya Jawa, Bali dan Sasak.

0 komentar:

Posting Komentar