Jumat, 22 Februari 2013

GITA SWARA FM:


Program Pos Daya Terbukti Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga


Lombok Utara
 -  Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Pos Daya) yang diluncur oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM PPKB Dan Pemdes) Lombok Utaratahun lalu, mendapat sambutan tinggi dikalangan masyarakat khususnya dilingkungan keluarga. Program Pos Daya Terbukti Mampu Tingkatkan Kesejahteraan Keluarga
pos daya – Ilustrasi
Program Pos Daya telah dirasakan manfaatnya karena mampu memberikan peluang usaha dan menyediakan makanan sehat serta pengobatan dari bahan tanaman.
Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat, BPM PPKB Lombok Utara, Itradim,S.Sos., kepada media, Kamis (22/2) mengatakan, Program Pos Pemberdayan Keluarga (Pos Daya) adalah gerakan pemberdayaan keluarga (rumah tangga) yang berorientasi terhadap pengembangan ekonomi,kesehatan dan pendidikan keluarga guna mewujudkan keluarga sejahtera.
Menurut Itradim, selain fasilitasi pendirian PAUD bagi anak-anak, pembentukan kader dengan optimalisasi penyuluhan kesehatan keluarga. Salah satu fookus pendampingan Pos Daya yakni pemanfaatan pekarangan menjadi areal penanaman dapur keluarga dengan menanam tanaman obat dan makanan, sayur mayur serta bumbu dapur yang kemudian dibuat produk olahan makanan yang bernilai ekonomis bagi keluarga.
Seperti yang berhasil di Dusun Gol, Desa Medana Kecamatan Tanjung, dimana diseluruh areal pekarangan rumah didusun tersebut dimanfaatkan untuk dijadikan Tanaman Dapur Keluarga dan bahan pangan non beras, ungkap Itradim.
Disebutkan Itradim, Selama setahun sejak dibina oleh BPM PPKB, warga dusun Gol kini sudah mampu membuat sejumlah produk makanan olahan, ramuan obat-obatan dan beberapa jenis kegiatan yang dapat menambah ekonomi keluarga. Selain itu juga mampu menaikkan tingkat kesehatan dan partisipasi kegiatan belajar anak usia dini.
Program Pos Daya itu ditegaskan kabid Pemberdayan Masyarakat, Itradim, akan terus dikembangkan disemua dusun di 33 desa se-Lombok Utara. Untu itu pihaknya akan menambah anggaran pembinaan serta peningkatan koordinasi pendampingan dengan seluruh dinas SKPD terkait termasuk dengan kelompok pensiunan PNS (PWRI) yang sudah ikut memfasilitasi Pos Daya. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar