Jumat, 15 Februari 2013

GITA SWARA FM:


40 Pejabat Esselon IV KLU

Ikuti Diklatpim

14 Februari 13 | 15:23

Mataram,(SK),-- Sejumlah 40 pejabat esselon IV lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara mengikuti Pendidikan dan Latihan Kepemimpinan tingkat IV (diklatpim IV) selama 42 hari, yang dimulai tanggal 14 Februari hingga 27 Maret 2013 mendatang, bertempat di Balai Diklat Pertanian Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Ketua Panitia Penyelenggara Diklatpim IV angkatan XIX Pola Kemitraan antara Pemerintah Provinsi NTB dengan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara Drs L.Hasbulwadi, M.Pd mengatakan, diklatpim IV angkatan XIX ini diikuti oleh 40 orang pejabat esselon IV lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Utara.
Dikatakan, PNS mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan atau kegagalan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.Sosok PNS yang diharapkan adalah yang mampu mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan Kepemerintahan yang baik dan pembangunan.

Berdasarkan UU No.43 tahun 1999 sebagai perubahan atas UU No.8 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian dan aturan pelaksanaannya PP No,101 tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan PNS, bahwa sesuai dengan tuntutan untuk mewujudkan kepemerintahan yang baik diperlukan PNS yang memiliki kompetensi jabatan.
L.Hasbulwadi yang sehari-harinya bertugas di BKD Provinsi NTB yang menangani masalah Diklat PNS ini menyebutkan, berdasarkan pasal 3 PP No.101 thun 2000 tersebut menyatakan bahwa sasaran Diklatpim bagi para pejabat PNS ini adalah terwujudnya PNS yang memiliki kompetensi sesuai dengan persyaratan jabatan masing-masing. Sedangkan tujuan penyelenggaraan Diklatpim IV ini, menurut L.Hasbulwadi yang asal Desa Semaya Lombok Timur ini mengatakan, untuk meningkatkan pengetahuan,keahlian,ketrampilan dan sikap prilaku untuk dapat melaksanakan tugas sebagai pejabat esselon IV secara professional yang dilandasi pada kepribadian sesuai dengan kemampuan kebutuhan instansi.
Sementara itu,Sekda Provinsi NTB H.Muh.Nur usai menyematkan tanda peserta secara simbolis kepada dua orang perwakilan peserta (L.Bayu Pratama dan Sumarnim), dalam sambutannya menitipkan beberapa pesan penting kepada para pejabat esselon IV yang mengikuti Diklatpim tersebut untuk bisa diterapkan sekembalinya ke SKPD masing-masing. Diantara pesan penting itu antara lain, masing-masing pejabat harus memiliki kemampuan menyusun tata naskah dinas,mampu menyusun tata kelola keuangan,barang dan memiliki kemampuan menyusun produk hukum yang diperlukan.

Selain itu,Sekda H.Muh.Nur juga berpesan, setelah mengikuti Diklatpim ini diharapkan ada pola pembentukan citra.Dalam pola pembentukan citra ini,H.Muh.Nur menekankan bahwa pada diri setiap orang harus memastikan memiliki tiga citra, diantaranya, pastikan diri kita memiliki konsep,pastikan diri kita memiliki kapasitas (daya) dan pastikan diri kita memiliki relasi.
Untuk dapat meningkatkan kinerja diperlukan pula standar kompetensi menumbuh-kembangkan motivasi pegawai untuk mengoptimalkan kinerja unti organisasinya.
Pimpinan di era reformasi dan era globalisasi sangat dihadapkan pada perubahan-perubahan yang sangat cepat, maka dituntut harus sangat peka dan tanggap atas isu-isu yang actual,yang menyangkut hajat orang banyak yang menjadi keluhan,ketidakpuasan masyarakat atas pelayanan yang diberikan oleh aparatur atau birokrasi.Termasuk isu-isu yang urgen dan serius untuk segera diselesaikan.(Eko)

0 komentar:

Posting Komentar