Sabtu, 09 Februari 2013

GITA SWARA FM

Pewarta Jujur 

Dianggap Provokator

8 Februari 13 | 09:05

Hadits yang bersumber dari Abu Dzar Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam berkata,
“Katakanlah yang benar, meski pahit rasanya (akibatnya).” Selayaknya hadits itu menjadi pedoman bagi setiap pewarta warga. Memang berkata atau menulis dengan jujur seringkali ditegur, bahkan kadang-kadang dituding sebagai provokator.
Sebuah pengalaman berharga bagi diri saya pribadi, ketika menulis sebuah berita kebenaran dengan judul “Perangkat Desa KLU Kecewa, Honor Hanya Dicairkan Satu Bulan” yang dimuat suarakomunitas.net 3 Juni 2012, yang isinya kepala desa dan perangkatnya mengeluhkan adanya potongan honor perangkat desa dan kepala dusun oleh bendahara kecamatan Bayan masing-masing sebesar Rp. 5000 dengan alasan biaya transfortasi pengurusan ke kabupaten.
Berita kebenaran ini tentu saja membuat bendahara kecamatan menjadi kalang kabut, bahkan selang beberapa hari, camat Bayan mengumpulkan semua kepala desa. Namun sayang dalam pertemuan itu ada salah seorang kepala desa sedikit nyeleneh dengan menuding pewarta warga adalah sebagai provokator.
Syukur ungkapan nyeleneh itu dibantah oleh sebagian kepala desa lainnya yang mengerti tentang peran dan fungsi media sebagai alat kontrol kebijakan pemerintah.
Pengalaman terbaru lainnya adalah ketika menulis berita yang berjudul “Musrenbang-Des Karang Bajo Hanya Dihadiri Dikes”. Berita yang dimuat tanggal 6 Februari 2013 ini sedikit membuat beberapa pejabat kecamatan berang dan melayangkan SMS kepada penulis (pewarta warga) yang menilai tidak tepat kalau sedikit-dikit main media.
Akibat takut dituding dan ditegur oleh pejabat, sehingga tak heran bila sebagian pewarta warga, lebih banyak menulis berita yang diunggah di suarakomunitas.net adalah pidato dari sang pejabat secara utuh, sehingga khittoh dan motto suarakomunitas.net “Saat warga bersuara tidak hanya disuarakan” sedikit demi sedikit mulai bergeser.
Mari kawan-kawan ku kita suarakan kebenaran!!! (ari)

0 komentar:

Posting Komentar