Sabtu, 29 Desember 2012

GITA SWARA FM:

Pemda Lombok Utara Rintis Jalur Alternatif “JalinKra”



Lombok Utara – Pemda Lombok Utara tahun ini mulai merancang pembukaan jalan lingkar utara sepanjang 7-10 Kilometer yang menghubungkan Kota Tanjung, ibukota kabupaten dengan kawasan ekonomi pertanian kecamatan Gangga dan dua wilayah kecamatan lain nya yaitu kecamatan Kayangan dan Bayan.
Pembukaan jalan itu sebagai bagian dari rencana strtegis penataan kawasan perkotaan dan sebagai jalur alternatif guna mengantisipasi kemacetan kendaraan dan mengurangi kerawanan kecelakaan dijalur protokol jalan provinsi diruas jalan itu yang kerap teradi hampir setiap saat.
Sebagai upaya awal realisasi pembukaan Lingkar Utara (JalinKara) itu pemda setempat mengelontorkan anggaran pembebasan lahan masyarakat sebesar Rp.16 Miliar Rupiah pada APBD 2012 serta anggaran perintisan nya sebesar Rp.11 Miliar yang akan dimulai awal tahun 2013 mendatang.
Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pertambanagn Dan Energi Lombok Utara, H.Irman.ST.MT., Jumat (28/12)  disela pembayaran lahan masyarakat yang terkena JalinKra di Tanjung mengatakan,  pengerjaan JalinKra akan dimulai awal tahun depan dengan konstruksi awal berupa Burda, Lapen dan aspal kasar termasuk pembuatan beberapa Deker serta Jembatan. Sementara untuk peningkatan konstruksi ruas Jalan Hotmix dan Drainase air diaharapkan dapat dibantu oleh pemprov NTB, ungkap Irman.
Soal pembebasan tanah untuk kepentingan JalinKra itu sendiri menurut Irman, hingga akhir masa anggaran 2012 sudah sudah rampung tanpa kendala yang berarti, karena dukungan masyarakat disamping harga tanah yang disesuaikan dengan NJOP. Demikian juga dengan kesiapan anggaran pengerjaan yang disetujui dan diprioritaskan oleh DPRD.
Selain untuk dihajatkan guna memperlancar arus transportasi dan mobilitas masyarakat, Pembukaan JalinKra itu juga disinergikan dengan konsep penataan destinasi wisata dan pengembangan ekonomi, dimana jalur tersebut kedepannya juga akan menjadi pusat kuliner dan pengolahan produk hasil laut. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar