Rabu, 19 Desember 2012

GITA SWARA FM: GITA SWARA FM:

Hasil Pilkades Selengen Menampilkan Wajah Baru

19 Desember 12 | 06:01
BERKAS PENYERTA (1)

Selengen,(SK),-- Satu lagi Desa yang sukses melaksanakan Pemilihan Kepala Desa-nya dengan menampilkan wajah baru dari daerah pedalaman Sangiang Kecamatan Kayangan KLU,Senin (17/12/2012) lalu.
Setelah sukses dua desa lainnya (Desa Sesait dan Desa Dangiang) dalam Pilkadesnya,dimana hasil dari Pilkades tersebut semuanya wajah baru, kini giliran Desa Selengen menyusul kesuksesan tersebut yang juga menampilkan wajah baru.
Dalam pemilihan Kepala Desa Selengen yang digelar Panitia Pilkades,Senin (17/12/2012) lalu, sedikitnya ada enam calon yang memperebutkan kursi nomor satu di desa itu.Keenam calon itu diantaranya,Sudiarti asal Selengen di nomor urut 01,Sadirman asal Sangiang di nomor urut 02,Mahrip asal Sambik Jengkel Barat di nomor urut 03, Saidi,S.Pd asal Sambik Jengkel Barat di nomor urut 04,M.Maliki asal Dompo Indah di nomor urut 05 dan Suardin asal Sangiang di nomor urut 06.

Dari hasil penghitungan suara yang dilakukan KPPS di masing-masing TPS, menempatkan Sadirman yang merupakan tokoh muda potensial asal Sangiang di posisi paling puncak dalam perolehan suara sementara dari calon lainnya. Dengan kondisi ini setidaknya seluruh warga masyarakat Desa Selengen sudah bisa memastikan siapa calon pemimpin desanya untuk masa enam tahun kedepan.
Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa Selengen Lalu Jalaludin mengatakan, dari hasil rekapan penghitungan suara dari masing-masing TPS yang sudah di plenokan di Kantor Desa Selengen, menempatkan Sadirman paling tinggi dalam perolehan suara dengan 1.201 (0,29 %) dari 4.133 jumlah wajib pilih. Kemudian di posisi kedua disusul Saidi,S.Pd dengan raihan 824 (0,19 %) suara, lalu di posisi ketiga ditempati Mahrip dengan raihan 485 (0,12 %) suara, Sudiarti di posisi keempat dengan raihan 373 (0,09 %) suara dan M.Maliki di posisi kelima dengan raihan 248 (0,06 %) suara serta di posisi keenam Suardin dengan raihan 228 (0,06 %) suara.

Dikatakan, dari seluruh hasil penghitungan suara, sedikitnya ada 4 TPS yang memberikan suara terbanyak pada Sadirman nomor urut 02, yaitu TPS 1 Tangga (155),TPS 2 Sangiang (275),TPS 3 Lokok Mandi (147) dan TPS 4 Sambik Jengkel Timur (154).Sementara di TPS 5 hingga TPS 13 raihan suaranya di bawah 100.
Calon nomor urut 04 Saidi,S.Pd, yang mengharuskan dirinya menempati posisi kedua dalam perolehan suara, juga di dongkrak oleh 4 TPS, diantaranya; TPS 6 Sambik Jengkel Perigi (187),TPS 10 Tampes (122),TPS 11 Lembah Berora (112) dan TPS 12 Panggung Barat (114).Sedangkan di TPS lainnya dibawah 100.
Kemudian calon di posisi ketiga Mahrip hanya menang di 2 TPS, yaitu TPS 7 Sambik Jengkel Barat (135) dan TPS 8 Gubuk Baru (51).Sedangkan di TPS lainnya hanya mampu raih suara dibawah 70.
Di posisi keempat ditempati Sudiarti asal Selengen yang unggul di 2 TPS, yaitu TPS 9 Selengen (160) dan TPS 13 Panggung Timur (62).Sedangkan di TPS lainnya hanya mampu raih suara dibawah 50.
Calon nomor urut 05 M.Maliki asal Dompo Indah hanya mampu raih suara tertinggi di daerah asalnya Dompo Indah (TPS 5) yaitu 119 suara.Sedangkan di TPS lainnya hanya mampu raih suara dibawah 45.
Calon di posisi akhir dalam perolehan suara yaitu Suardin yang memperoleh suara di semua TPS dibawah 100. Sehingga menempatkan dirinya di posisi paling akhir dalam perolehan suara pada pilkades Selengen tahun 2012 ini.
Lalu Jalaludin dalam himbauannya sesaat sebelum rapat pleno penetapan rekapan penghitungan suara di Kantor Desa Selengen mengatakan, ini merupakan pesta demokrasi rakyat Desa Selengen untuk memilih calon pemimpin nomor satu di desa ini.Siapa pun yang terpilih dalam Pilkades ini, maka itulah yang terbaik bagi desa ini untuk masa enam tahun kedepan.
”Ini patut kita syukuri karena proses pemilihan Kepala Desa Selengen ini dapat berjalan dengan baik,aman,tertib,lancar dan terkendali.Tentu semua itu tidak mungkin bisa terlaksana tanpa bantuan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat Desa Selengen ini,” katanya.
Hal senada juga disampaikan Ketua BPD Desa Selengen Sudarmin dalam sambutannya mengatakan, dari seluruh rangkaian proses pada Pilkades Selengen ini bisa berjalan dengan baik tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak, baik Panitia tingkat Desa/ Dusun/KPPS, petugas keamanan, maupun peninjau dari Kecamatan Kayangan dan Kabupaten Lombok Utara serta masyarakat Desa Selengen secara keseluruhan. Semua elemen dalam proses Pilkades ini saling bersinergi dalam mendukung demi lancar dan suksesnya pesta demokrasi di desa ini.
“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Selengen atas kesuksesan mendukung proses pelaksanaan pemilihan Kepala Desa Selengen periode 2013-2019 ini,”katanya.
Sudarmin menyatakan, oleh karena bersyukur dan lancarnya Pilkades Selengen ini sukses, aman,lancar dan terkendali, atas nama BPD dan Pemerintah Desa Selengen mengucapkan terima kasih atas bantuan dukungan dan partisipasi semua pihak sehingga Pilkades ini berhasil dilaksanakan dengan menampilkan wajah baru.”Mudah-mudahan pemimpin yang terpilih dalam Pilkades ini bisa membawa dan memimpin Desa Selengen menuju perubahan kearah yang lebih baik dalam masa enam tahun kedepan,”harap Sudarmin.

0 komentar:

Posting Komentar