Kamis, 29 November 2012

GITA SWARA FM:


Tiga Desa Wilayah Kayangan,Siap Gelar Pilkades Desember 2012
Kayangan, (SK), --- Setelah sukses pelaksanaan demokrasi di Desa Sesait awal November lalu, kini giliran tiga desa diwilayah Kecamatan Kayangan kembali menggelar Pilkadesnya awal Desember 2012 mendatang.
Ketiga desa itu antara lain, Desa Dangiang Pilkadesnya akan di gelar tanggal 10 Desember 2012 dengan tujuh calon, yaitu Sirajudin, Arsudin,Agus Sugeng Winarto, H.M.Edy Prayitno,Mohamad Arifin, Moh.Fadli,S.Pd, Budi Hartono, kemudian Desa Selengen Pilkadesnya akan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2012 dengan enam calon yaitu, Sudiarti, Mahrip, Saidi,S.Pd, Sadirman,Suardin, M.Maliki dan Desa Gumantar Pilkadesnya akan dilaksanakan tanggal 20 Desember 2012 dengan 5 (lima) calon yaitu, Mahit (incumbent), Basri,Suhardi,Japarti dan Muhaimin, siap berkompetisi.

Diantara tiga Desa yang akan menggelar Pilkades ini, hanya Desa Dangiang yang sudah sampai pada tahapan penyampaian Visi dan Misi calon Kepala Desanya, sudah dilaksanakan Sabtu,24 November 2012 lalu.Sementara dua desa lainnya, seperti Desa Selengen dan Desa Gumantar baru sampai pada tahap penentuan nomor urut calon dan penetapan DPT (Daftar Pemilih Tetap).
Dari pantauan wartawan media ini di lapangan, baik Desa Dangiang,Selengen dan Gumantar, masing masing calon Kepala Desa tentunya sudah memiliki daerah yang menjadi basis pendukung mereka. Strategi mereka pun bermacam-macam dalam mencari dukungan. Ada yang menggunakan jalur keluarga, ada yang menggunakan tim sukses dan ada pula yang hanya mengandalkan charisma.Semua ini sah-sah saja dilakukan oleh masing-masing kandidat dalam merauf dukungan suara terbanyak.
Menurut salah seorang tokoh berpengaruh di Kecamatan Kayangan yang tidak mau ditulis namanya berpendapat, sebaiknya masing-masing calon dalam melakukan pendekatan agar memperoleh dukungan suara, sebaiknya yang pertama dilakukannya harus melalui jalur dalam lingkungan keluarga calon sendiri, setelah itu baru kemudian mencari dan melakukan pendekatan dengan para tokoh yang dianggap ada jalan mendukung dirinya.
Tidak gampag memang dari masing-masing calon untuk hal yang satu ini.Kecuali bagi calon yang memang sudah mampu menunjukkan kemampuan serta mendapatkan simpati dari rakyatnya, bahwa mereka cocok dan pantas memimpin desanya pada masa berikutnya.Sebab yang diinginkan masyarakat dewasa ini adalah keterbukaan dan ketransparanan dari pemimpinnya dalam membangun dan membawa desanya kearah yang lebih baik, aman, lancar, tertib, maju, sejahtera dan terkendali.
Ketua Panitia Pilkades Desa Selengen L.Jalaludin mengatakan, sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan oleh Panitia Pilkades, maka untuk mengefesiensikan agenda waktu tahapannya sengaja di rampingkan.Hal ini menurutnya, memang sengaja merampingkan beberapa tahapan Pilkades Selengen, karena ada beberapa orang anggota Panitia mengundurkan diri. Pengunduran diri salah seorang anggota Panitia pilkades ini, bukannya tanpa alasan. Mereka maju sebagai calon Kepala Desa. Sementara salah seorang anggota Panitia Pilkades yang lain tidak dapat melanjutkan keanggotaannya sebagai anggota panitia, karena yang bersangkutan mengalami kecelakaan lalu lintas hingga kakinya patah. “Jadi membutuhkan perawatan intensif, ”terang L.Jalaludin.
“Jadi walaupun keanggotaan panitia pilkades Selengen ini kurang, namun proses tahapan Pilkades yang sudah di susun sebelumnya tetap dilaksanakan sesuai dengan tahapannya, ”tambahnya.
Begitu kompleksnya permasalahan yang dihadapi oleh Panitia Pilkades, maka L.Jalaludin selaku Ketua Panitia Pilkades Selengen mengajak semua pihak untuk bersatu dan bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi yang di gelar tanggal 17 Desember 2012 mendatang.”Apapun kendala yang dihadapi oleh panitia,kami akan jalani, karena ini memang tugas kami selaku panitia,”katanya.
Harapan yang sama juga disampaikan Ketua Panitia Pilkades Desa Dangiang Ahmad Afandi,S.Pd, bahwa dalam Pilkades yang diselenggarakan tanggal 10 Desember 2012 mendatang agar berjalan dengan baik, aman,tertib,lancar dan terkendali. Jangan sampai hal-hal yang sifatnya sepele membuat warga bingung untuk memilih.Hal ini tentunya akan tercapai jika semua pihak bisa memposisikan diri pada tempatnya.Apalagi calon Kepala Desa Dangiang untuk periode enam tahun kedepan ini, di dominasi oleh satu keluarga besar Abdussamad selaku Ketua BPD Desa Dangiang.Dimana Iparnya Agus Sugeng Winarto dan dua orang anak-anaknya,H,M,Edy Prayitno dan Budi Hartono bersaing memperebutkan posisi nomor satu di Desa Dangiang.
Ketika ditanya masalah pencalonan Ipar dan kedua anaknya dalam bursa Pilkades Desa Dangiang periode 2013-2019 mendatang, Abdussamad mengatakan, tidak ada masalah, katanya.Ibarat di Pasar dalam hal jual beli. Barang yang ditawarkan oleh penjual kepada calon pembeli, mau apa tidak orang untuk membeli.”Jadi diserahkan kepada pembeli, apakah dia mau beli atau tidak, tergantung pada pembelinya.Begitu pula dengan calon Kades.Walaupun banyak yang mendaftar, tentunya siapa yang di inginkan masyarakat, itulah yang menjadi pemenang nantinya,”jelas Abdussamad.
Ketua BPD tiga periode ini juga berharap,para calon dalam melakukan kampanye, jangan sampai saling menghujat atau saling menjelekkan dan sebagainya, terutama kepada masing-masing tim sukses.”Mari kita gunakan momen ini dengan sebaik-baiknya, agar proses demokrasi ditingkat desa bisa berjalan sesuai dengan harapan, ”ingatnya

0 komentar:

Posting Komentar