Rabu, 18 September 2013

GITA SWARA FM

Dinas Pertanian KLU Siapkan 45 Ribu Ton Pupuk

=================================================

pupuk Dinas Pertanian KLU Siapkan 45 Ribu Ton Pupuk
Pupuk
Lombok Utara – Dinas pertanian, DPPKKP lombok utara mengantisipasi tibanya masa tanam pertama memasuki Musim Hujan (MH-1) yang diperkirakan mulai intens akhir September-pertengahan Oktober tahun ini, dengan menjamin ketersediaan pupuk yang rentan terjadi kelangkaan saat musim penghujan.
Kepala Bidang Pertanian DPPKKP, Sabdi,SP., kepada media, Kamis (12/9) menyatakan menghadapi musim penghujan tahun ini pihaknya sudah melakukan antisipasi potensi kelangkaan pupuk akibat distribusi yang tidak lancar.
Ia menyebutkan pihaknya telah menyiapkan sebanyak 45 Ribu Ton Pupuk yang terdiri dari Urea, Ponska, NPK dan berbagai jenis pestisida untuk jatah sebanyak 8.304 hektar luas baku sawah dan lahan pertanian basah di Lima kecamatan Se-Lombok Utara.
“Stok pupuk yang ada bisa memenuhi kebutuhan perawatan tanaman padi untuk dua kali musim tanam, bahkan jika di aplikasikan 300 kwintal perhektar, jatah stok pupuk yang ada tidak akan kekurangan hingga tibanya masa panen,” ungkap Sabdi.
Sabdi menambahkan stok pupuk tersebut dapat diperoleh petani ditempat biasa yakni di UPTD Pertanian disetiap kecamatan. Kendati stok pupuk sudah disiapkan namun ia meminta agar para petani saat ini lebih waspada dan rajin mengamati pertumbuhan tanaman padi.
Sebab biasanya musim penghujan dengan intensitas tinggi cukup rentan mendatangkan hama penyakit seperti hama Putih, Kresek bahkan serangan Ulat Grayak yang datang pada usia satu hingga dua bulan umur tanaman padi.(ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar