Rabu, 18 September 2013

GITA SWARA FM

Produksi Beras Lombok Utara Tahun 2012 Penuhi Target Surplus

=================================================

longsor Produksi Beras Lombok Utara Tahun 2012  Penuhi Target Surplus
Ilustrasi
Lombok Utara – Dinas pertanian daerah Kabupaten Lombok Utara terus berupaya meningkatkan produktivitas petani dalam memenuhi kebutuhan beras ditingkat lokal. Berbagai langkah dan strategi dilakukan dalam rangka memperbesar hasil panen dan produksi beras selama beberapa tahun terakhir, diantaranya dengan mengoptimalisasi peran penyuluh pertanian dan pemberantasan hama penyakit.
Langkah optimalisasi itu menuntun para petani setempat berhasil memenuhi target produksi Gabah Kering Panen (GKP)pada tahun 012 hingga mencapai 65.231,72 Ton yang dihasilkan dari 8.304 hektar luas baku sawah dan lahan pertanian basah di Lima kecamatan Se-Lombok Utara dan menjadi sebanyak 52.185,38 Ton setelah dikonversi menjadi Gabah Kering Giling (GKG).
Capaian produksi itu menghantarkan Lombok Utara selama tahun 012 lalu menjadi daerah Surplus produksi Beras  dengan total produksi mencapai, 33.920,49 Ton. Terjadi Surplus sebanyak 2.231, 33 Ton dari total  kebutuhan beras masyarakat Lombok Utara yang sebesar 31.689, 16 Ton.
Kepala dinas Pertanian Perkebunan Kehutanan Kelautan dan perikanan (DPPKKP) daerah Lombok Utara melalui Kabid Pertanian, Sabdi,SP.,  Kamis (17/1) mengatakan, surplus beras itu berhasil diicapai karena petani banyak belajar dari minimnya hasil panen tahun sebelumnya akibat merebaknya serangan penyakit karena perubahan iklim. Selain itu pihaknya juga berupaya memenuhi kebutuhan dan antisipasi penyakit dengan menjamin distribusi stok pupuk termasuk mengoptimalisasi peran penyuluh dan mengaplikasikan berbagai sistim pertanian dengan teknologi tepat guna.
Dikatakan Sabdi, surplus produksi beras itu akan tetap dipertahankan bahkan diupayakan lebih besar. Untuk itu menghadapi musim penghujan tahun ini menghadapi musim penghujan tahun ini pihaknya sudah melakukan persiapan yang lebih konkret seperti  menjamin ketersediaan stpok pupuk hingga sebanyak 45 Ribu Ton Pupuk yang terdiri dari Urea, Ponska, NPK dan berbagai jenis pestisida disamping membangun kemitraan dengan perusahaan Super Tani yang akan mendampingi petani selama musim tanam hingga pengolahan pasca panen. (ntb7)

0 komentar:

Posting Komentar