Senin, 20 Mei 2013

GITA SWARA FM


Bupati Anjurkan Petani

 Melek Teknologi Pertnaian

12 Mei 13 | 10:20

Lombok Utara, SK - Bupati Lombok Utara H.Djohan Sjamsu, SH melakukan panen raya padi program Sekolah Lapangan Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tahun 2012 di Desa Gondang, Kecamatan Gangga. Dalam arahannya kepada petani yang hadir di tempat tersebut meminta agar para petani dapat menguasai teknologi pertanian dalam rangka meningkatkan hasil pertanian. “Saat sekarang sudah waktunya petani menguasai teknologi terutama yang erat kaitannya dengan teknologi bidang pertanian,” ujar Bupati Pertama Lombok Utara.
Salah satu yang harus di kuasai adalah teknologi untuk merontokkan padi. Dengan memakai teknologi ini hasil panen akan lebih banyak, karena lebih terjamin keselamatan hasil panennya, tidak seperti sistem manual yang hasilnya banyak menyusut. Dengan mesin perontok padi ini tidak lagi banyak tenaga yang dipakai dan ini lebih efisien dari segi waktu . Untuk lahan satu hektar saja hanya membutuhkan waktu dua jam.
 
Sementara itu Kepala Dinas PPKKP Ir. Hermanto mengatakan, panen padi program SL-PTT program tahun 2012 pada Kelompok Tani Tete Paok Desa Gondang bertujuan dari dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan melalui peningkatan produksi dan produktifitas. “SL-PTT merupakan sekolah lapang bagi petani dalam menerapkan berbagai teknologi usaha tani melalui penggunaan input produksi yang efisien menurut spesifikasi lokasi sehingga mampu menghasilkan produktifitas tinggi untuk menunjang peningkatan produksi secara keseluruhan,” ungkapnya.
 
Progran SL-PTT ini diberikan kepada 366 kelompok tani se-KLU, padi lahan sawah 300 kelompok, padi lahan kering 36 kelompok, serta budidaya jangung untuk 30 kelompok tani dengan penggunaan mesin panen Combain. Selanjutnya dengan program SL-PTT ini akan mampu mencapai target nasional 10 juta ton beras, khususnya KLU yang menargetkan 47,47 ribu ton beras pada tahun 2014. Target tersebut optimis dapat tercapai.
 
Pada kegiatan tersebut, Bupati Lombok Utara bersama Ketua DPRD H. Mariadi, S.Ag dan beberapa pejabat lainnya melakukan panen raya dilanjutkan dengan mencoba menggunakan mesin Combain perontok padi yang langsung memproses padi secara sempurna. (Humas dan Protokol KLU Kerjasama Rakom Primadona)

0 komentar:

Posting Komentar